Rabu, 28 Desember 2011

Hydrilla verticillata (Hydrilla alternifolia/serpicula verticillata)



Kingdom: Plantae
 (unranked): Monocots
Order: Alismatales
Family: Hydrocharitaceae
Genus: Hydrilla
 Species: H. verticillata
Binomial name Hydrilla verticillata
Spesies yang sudah banyak dijual di pasar ikan hias ini berasal dari Eropa, Afrika, Asia, dan Australia dengan nama lain hydrilla alternjfolia dan srpicula verticillata. Sosoknya yang mencapai ketinggian 3 m mmbuat spesies ini cocok di tanam sebagai background akuarium. Daun kecil dan tumbuh melingkari batang dengan panjang hanya 2 cm dan lebar 0,3 cm. warna daun hijau, tetapi akan berubah kecoklatan bila terkena sinar. Umumnya, tanaman ni bersifat hemaprodit, yaitu menghasilkan bunga betina pada bagian atas axil daun dan muncul dipermukaan air, serta bunga jantan tumbuh berkelompok dibawah axil daun. Tanaman yang banyak ditemukan pada aliran sungai yang tenang ini sangat mudah tumbuh. Bila potongan tanaman dibiarkan mengapung maka tanaman lama akan keluar akar.
Hydrilla (Esthwaite rumput air atau Hydrilla) adalah genus tanaman air, biasanya diperlakukan sebagai mengandung hanya satu spesies, Hydrilla verticillata, meskipun beberapa ahli botani membaginya menjadi beberapa spesies. Sinonim termasuk H. asiatica, H. japonica, H. lithuanica, dan H. ovalifolica. Ini adalah asli ke perairan dingin dan hangat di Dunia Lama di Asia, Eropa, Afrika dan Australia, dengan distribusi, jarang tersebar, di Eropa, dilaporkan dari Irlandia, Inggris, Jerman, dan Amerika Baltik, dan pada Australia dari Northern Territory, Queensland, dan New South Wales Batang tumbuh hingga 1-2 m panjang. Daun tersebut diatur dalam whorls dari 2-8 sekitar batang, masing-masing daun 5-20 mm dan panjang 0,7-2 mm luas, dengan gerigi atau duri kecil di sepanjang tepi daun, sedangkan pelepah daun sering kemerahan jika segar. Hal ini berumah satu (kadang-kadang dioecious), dengan bunga jantan dan betina secara terpisah diproduksi di sebuah pabrik tunggal, bunga-bunga kecil, dengan tiga sepal dan tiga kelopak, kelopak-kelopak 3-5 mm, transparan dengan garis-garis merah. Ini mereproduksi terutama vegetatif dengan fragmentasi dan dengan rimpang dan turions (musim dingin, tungau tunas), dan bunga yang jarang terlihat.
Hydrilla memiliki resistensi yang tinggi terhadap salinitas (> 9-10ppt) dibandingkan dengan air tawar lain yang terkait tanaman air.
Nama Esthwaite rumput air berasal dari kejadian di Air Esthwaite di barat laut Inggris, satu-satunya situs bahasa Inggris di mana itu asli, tapi sekarang dianggap punah, karena tidak pernah terlihat sejak tahun 1941 Hydrilla erat menyerupai beberapa tanaman air lain yang terkait, termasuk Egeria dan Elodea.
Hydrilla adalah naturalisasi dan invasif di Amerika Serikat setelah rilis pada tahun 1960 dari akuarium ke dalam aliran air di Florida.
Hydrilla dapat dikontrol oleh aplikasi herbisida air dan juga dimakan oleh rumput mas, itu sendiri sebuah spesies invasif di Amerika Utara. Serangga digunakan sebagai pengendalian hama secara biologis untuk tanaman ini termasuk kumbang dari genus Bagous dan daun hydrilla Asia pertambangan terbang (Hydrellia pakistanae). Umbi menimbulkan masalah untuk mengontrol karena mereka dapat tidur selama beberapa tahun. Hal ini telah membuat lebih sulit untuk menghapus dari sungai dan muara.
Sebagai sebuah spesies invasif di Florida, Hydrilla telah menjadi masalah yang paling serius gulma air untuk Florida dan sebagian besar AS Karena itu seperti ancaman sebagai spesies invasif, pembatasan ditempatkan, hanya mengizinkan satu jenis kimia, fluridone, akan digunakan sebagai herbisida suatu. Hal ini dilakukan untuk mencegah evolusi mutan ganda. Hasilnya adalah fluridone Hyrdilla tahan. "Sebagai hydrilla menyebar dengan cepat ke danau di selatan Amerika Serikat di masa lalu, perluasan tahan biotipe kemungkinan akan menimbulkan tantangan lingkungan yang signifikan di masa depan.

1 komentar: